Total Tayangan Laman

Rabu, Maret 09, 2011

scanning port dan mendeteksi scanning

Chapter kali ini membahas tentang bagaimana melakukan scanning terhadap suatu port. Tujuanny adalah agar kita bisa mengetahui tentang services yang digunakan oleh komputer tersebut. Logikanya seperti ini, kalo kita punya layanan surat, maka kita akan memiliki media input/output dari surat tersebut adalah kotak surat, nah surat itu diibaratkan servicesnya dan kotak surat itu diibaratkan portnya.
Praktik kali ini menggunakan aplikasi nmap dan wireshark. Nmap digunakan untuk melakukan scan
ning terhadap port dari sebuah komputer lain, sedangkan wireshark digunakan untuk mendeteksi adanya transfer data dalam sebuah jaringan tertentu (dalam praktikum kali ini wireshark digunakan untuk mendeteksi adanya kegiatan nmap dari komputer pribadi).
Praktik kali ini menggunakan dua komputer, satu komputer dengan nomor IP:10.120.2.81 yang bertugas untuk menjalankan aplikasi nmap dan
mendeteksi port kosong pada komputer dengan nomor IP:10.120.2.161. Dari aplikasi nmap tersebut diperoleh hasil sebagai berikut:














Sedangkan pada komputer yang discan, dijalankan aplikasi wireshark yang berfungsi untuk mendeteksi adanya kegiatan transfer data pada jaringan. Dari aplikasi wireshark diperoleh hasil sebagai berikut:












Dari gambar di atas, terlihat ada aktivitas dari komputer dengan ip 10.120.2.81 (dalam hal ini menggunakan aplikasi nmap pada komputer target) ke komputer dengan ip 10.120.2.161.
Sekian..

Tidak ada komentar: