Total Tayangan Laman

Kamis, Maret 03, 2011

dimulai cerita yang berputar dengan cepatnya

weleh weleh,,,,
ini dejavu apa ya,,,,,
diminta lagi jadi koordinator MK yang sama dengan tahun lalu, merasakan kedahsyatan XML-Web Services, walaupun jujur mata kuliah ini bikin saya banyak belajar tahun lalu. Belajar tentang web services, sesuatu yang baru dan berbeda paradigma dari yang saya peroleh dulu2 ketika kuliah, maklum kalo namanya kuliah web bawaan ngantuk sekali, (kecuali IMK, soalnya jam 9 kuliahnya),,,


OK, belajar tentang XML, apa itu XML?
nah, XML itu anak2, sejenis dokumen yang pake tanda mark-up (kalo istilahnya tag) yang sifatnya extensible, atau bisa kita definisikan sendiri elemennya apa. Gak kayak dokumen html yang notabene dia sudah diatur elemen2 apa yang bisa ada di dalam dokumennya. Trus kalo ada yang nanya fungsinya apa donk kita definisikan sendiri....
Nah, secara sederhana bisa dikatakan bahwa dokumen XML ini digunakan untuk transfer data, sehingga setiap kali kita mendefinisikan sebuah dokumen XML tidak lain kita sedang mendefinisikan sebuah data dengan struktur tertentu (kalo di sini diistilahkan dengan struktur pohon XML), untuk digunakan dengan berbagai keperluan. Ada yang untuk diproses lebih lanjut datanya, ada yang untuk diparsing kemudian ditampilkan, ada sebagai pengontrol berjalannya sebuah fungsi, atau bahkan sebagai elemen untuk tampilan tertentu (kayak di Android), namanya juga extensible, hehehe....
Trus selain itu, di mata kuliah ini kita juga bakal belajar nyanng namanya Web Services. Apa itu web services, trus apa bedanya dia dengan aplikasi web?
nah, ini salah satu poin pentingnya, bahwa kalo di web services kita bisa mendeploy sebuah services (dalam hal ini fungsi atau prosedur) dari sebuah server untuk kemudian kita panggil dengan keperluan tertentu, terutama oleh sebuah aplikasi. Tidak seperti web aplikasi biasa yang ketika kita panggil kemudian muncul di halaman web browser kita, web services ini sifatnya lintas platform.
Misalkan kita bikin web services pake Java, nah ntar tuh bisa kita panggil pake aplikasi dengan bahasa lain, contohnya yang platformnya .Net. Kenapa seperti itu, karena transfer datanya tadi pake XML.
Dengan adanya web services ini, terselesaikan sudahlah permasalahan multi platform yang ada pada kasus2 di perusahaan, semisal bank, atau kantor2 cabang dari perusahaan pusat, dsb....

Tidak ada komentar: